Suara.com – Masyarakat di sekitar Bandara Gusti Ngurah Rai Bali dikejutkan dengan kehadiran pesawat berukuran raksasa pada Selasa (8/11/2022). Diketahui pesawat tersebut merupakan pesawat Boeing C-17 Globemaster III milik tentara Amerika Serikat (AS). Kemudian banyak yang bertanya-tanya mengenai Boeing C-17 Globemaster III US Air Force pesawat apa? 

Adapun momen kedatangan pesawat tersebut terekam oleh salah seorang warganet dan langsung menjadi heboh lantaran dimensinya yang nampak begitu besar dan gagah. Penampakan pesawat raksasa tersebut awalnya diabadikan oleh @mo.spotting di akun Instagramnya. 

Setelah video pesawat itu viral, belakangan diketahui pesawat Boeing C-17 Globemaster III  yang mendarat di Pulau Bali untuk memberi dukungan logistik terhadap delegasi AS yang sedang mengikuti KTT G20 2022 di Nusa Dua. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pulau Bali menjadi lokasi gelaran KTT G20 2022 pada 15-16 November 2022 mendatang. 

Boeing C-17 Globemaster III US Air Force Pesawat Apa? 

Baca Juga:
Fakta Pulau Serangan Bali, Menjadi Lokasi Kunjungan Delegasi KTT G20

Melansir dari berbagai sumber, Boeing C-17 Globemaster III US Air Force merupakan pesawat kargo militer yang dikembangkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat atau USAF (United States Air Force) bersama perusahaan Boeing Integrated Defense System. Pesawat ini resmi dioperasikan pada tahun 1991. 

Boeing C-17 Globemaster III memiliki ukuran yang sangat jumbo. Dengan total lebar sayap ke sayap mencapai 51,74 meter, tinggi ekor berukuran 16,79 meter, panjang 53,04 meter, dan diameter badan 6,86 meter. 

Pesawat angkut ini memiliki empat mesin Pratt dan Whitney PW2040 (military designation F117-PW-100) yang dapat menghasilkan sebuah daya dorong hingga mencapau 40.440 pounds. Boeing C-17 Globemaster III ini dapat terbang hingga sejauh 4.500 km. 

Boeing C-17 Globemaster III (Pixabay)
Boeing C-17 Globemaster III (Pixabay)

Pesawat milik AS ini bisa menampung lebih dari 100 orang tentara dengan rincian yaitu 54 tentara duduk di kursi samping dan 48 tentara lainnya di tengah. Sementara, untuk kapasitas maksimalnya sekitar 300 orang saat dilengkapi dengan muatan penumpang dalam jumlah besar menggunakan palet dengan kursi. 

Bahkan pada Agustus, Boeing C-17 Globemaster III berhasil memecahkan rekor dengan mengangkut sebanyak 823 orang pengungsi Afghanistan dari bandara internasional Hamid Karzai, Kabul. 

Baca Juga:
Sukseskan KTT G20, Persembahyangan di Pura Prapat Nunggal Ditiadakan: Begini Respons Warganet

Tak hanya mengangkut tentara, Boeing C-17 Globemaster III Air Force juga dapat mengangkut persenjataan milik militer. Mulai dari tank, amunisi hingga sebuah helikopter serbu. Diketahui, pesawat ini bisa membawa tank utama M1 Abrams, M2 atau M3 Bradley, dan 4 helikopter transport UH-60 Blackhawk ataupun 2 helikopter AH-64 Apache. 

Selain AS, Pesawat C-17 Globemaster III juga digunakan dibeberapa di antaranya, yaitu Australia, Kanada, Kuwait, India Qatar, Uni Emirat Arab, Inggris serta 12 negara Strategic Airlift Capability. Pesawat ini dijual dengan harga US$202,3 juta atau sekitar Rp31,67 triliun.  

Itulah tadi ulasan mengenai Boeing C-17 Globemaster III US Air Force pesawat Apa? Beberapa waktu lalu, pesawat raksasa milik tentara AS ini mendarat di Bandara Gusti Ngurah Rai Bali untuk memberikan kudungan logistik untuk delegasi AS dalam KTT G20 2022 di Nusa Dua.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x