Suara.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya memilih calon Panglima TNI pengganti Andika Perkasa dari Angkatan Laut. Itu artinya, KSAL Laksamana Yudo Margono akan menjadi Panglima TNI usai Andika pensiun.

Itu terkuak saat Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan isi surat presiden atau surpres yang diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ke Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

“Nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa adalah Laksamana TNI Yudo Margono,” kata Puan.

Puan menerangkan kalau pihaknya akan mengusahakan mekanisme penggantian dan pengangkatan calon Panglima TNI akan selesai sebelum 15 Desember 2022.

Baca Juga:
Bocoran Surpres Pergantian Panglima TNI: KSAL Yudo Margono Satu-satunya Calon Pilihan Jokowi

“Masih ada 17 hari sebelum sidang penutupan tanggal 15 Desember yang akan datang,” ujarnya.

Sesuai dengan mekanisme yang ada di DPR RI, akan ada rapat pimpinan (rapim) Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI kemudian menugaskan Komisi I untuk melaksanakan hasil rapim Bamus. Setelah itu, akan ada pula uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI.

Sebagaimana diketahui, selama Jokowi menjabat sebagai presiden selama dua periode, belum ada satupun Panglima TNI yang berasal dari matra TNI AL.

Pada periode 2014-2019, kursi Panglima TNI ditempati oleh Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dari TNI AD, (2013-2015), lalu ada Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo dari TNI AD (2015-2017).

Setelah itu, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto dari TNI AU meneruskan tongkat komando Gatot pada 2017-2021.

Baca Juga:
Puan Maharani Bakal Umumkan Nama Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa

Sementara saat ini tongkat komando Panglima TNI kembali ke TNI AD yakni Jenderal Andika Perkasa yang dilantik 17 November 2021. Ia akan memasuki masa pensiunnya pada Desember 2022.

Kalau perjalanannya mulus, Yudo akan menjadi orang pertama yang menduduki kursi Panglima TNI di era Jokowi dari matra TNI AL. Sumber Suara.com di Istana menyambut itu dengan baik lantaran seluruh matra berkesempatan untuk menjadi orang nomor satu di TNI.

“Iya, kalau itu terjadi akan manis,” ucapnya saat dihubungi pada Rabu (23/11/2022).





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x