Suara.com – Petugas gabungan KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta berhasil mengevakuasi rangkaian kereta yang sempat anjlok di Kampung Bandan, Pademangan, Jakarta Utara, pada Sabtu (26/11/2022).

“Kami telah berhasil mengevakuasi seluruh rangkaian KA 5144C pada Pukul 05.58 WIB,” kata VP Corporate Secretary PT KAI Commuter Indonesia (KAI), Anne Purba, dalam keterangannya, Minggu (27/11/2022).

Meski demikian pihaknya masih melakukan pengecekan serta perbaikan terhadap prasana persinyalan dan lisrik atas (LAA) buntut insiden tersebut.

Karenanya, kata Anne, pihaknya kini melakukan rekayasa operasi perjalanan commuterline. Untuk perjalanan commuterline lintas Bekasi via Pasar Senen, perjalannya hanya sampai Stasiun Pasar Senen atau Kemayoran untuk kembali menuju Stasiun Bekasi/Cikarang.

Baca Juga:
Penampakan KRL yang Anjlok di Kampung Bandan

Kemudian, perjalanan commuterline lintas Bekasi via Manggarai, perjalannya hanya sampai Stasiun Angke atau Duri untuk kembali menuju Stasiun Bekasi atau Cikarang.

“Untuk perjalanan commuterline pada lintas lainnya berjalaan normal,” jelasnya.

Akibat rekayasa pola operasi ini, total perjalanan commuterline pada hari Minggu sebanyak 1.051 perjalanan.

Anne juga mengimbau bagi para warga yang Bakal menggunakan commuterline pada hari ini, Minggu (27/11) untuk menyesuaikan dan merencanakan keberangkatannya kembali dikarenakan adanya pengaturan rekayasa pola operasi tersebut.

Diberitakan sebelumnya, sekitar 50 penumpang dievakuasi dari Kereta Rel Listrik (KRL) KA 5144C saat kereta jurusan Stasiun Kampung Bandan menuju Manggarai itu anjlok pada Sabtu (26/11/2022).

Baca Juga:
Cara ke TMII Naik KRL dan Busway Lengkap dengan Biayanya

VP Corporate Secretary PT KAI Commuter Indonesia (KAI) Anne saat konferensi pers virtual mengatakan, tak ada korban dalam peristiwa KRL anjlok ini.

“Informasi yang kami dapatkan dari petugas yang dievakuasi dari KRL itu kurang lebih 50 orang Karena baru berangkat dari Stasiun Kampung Bandan. Tidak ada korban (yang disampaikan petugas),” ujarnya.

Anne mengatakan, penumpang dievakuasi oleh petugas dialihkan menggunakan gerbong KRL lain yang menuju Stasiun Jakarta Kota.

Dia mengatakan, untuk kejadian luar biasa seperti saat ini masinis yang ada di kereta atau petugas lainnya perlu dilakukan pemulihan kondisi (recovery) pada saat itu pula.

Karena itu, dia mengatakan, pihak KAI Commuter akan memastikan dengan melakukan pengecekan langsung terhadap berbagai informasi yang disampaikan oleh tim awak sarana dari lokasi kejadian sekitar pukul 20.00 WIB.





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x