Suara.com – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengklaim siap mengantisipasi lonjakan pemudik selama masa libur natal dan tahun baru (Nataru). Salah satunya dengan mempersiapkan armada Angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya sudah memastikan akan ada 2.258 bus AKAP yang beroperasi. Ribuan bus ini akan diberangkatkan dari empat terminal utama di empat wilayah kota.

“Untuk arus mudik Natal kami siapkan 2.258 bus AKAP. Itu melayani penumpang di empat terminal utama yang kami siapkan, Kalideres, Tanjung Priok, Pulogebang, dan Kampung Rambutan,” ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Minggu (18/12/2022).

Selain itu, untuk angkutan bus Transjakarta disebutnya tetap beroperasi seperti biasa. Ia juga mempersiapkan Angkutan Malam Hari (Amari) untuk masyarakat yang bepergian pukul 22.00-05.00 WIB agar operasional bus tetap 24 jam untuk ke terminal utama.

Baca Juga:
Pengamanan Nataru di Jakarta, 750 Petugas Dishub Bakal Disebar ke Jalanan hingga Gereja

“Sehingga masyarakat yang bermobilitas dengan itu akan ada Amari, tapi memang akan kami koordinasikan ke terminal-terminal yang melayani bus AKAP tadi, juga untuk 13 koridor BRT. Itu nanti akan dilayani dengan Amari,” ucapnya.

ia juga sudah melakukan inspeksi kelayakan angkutan umum atau ramp check bersama dengan Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) pada 7-9 Desember lalu. Diperkirakan jumlah penumpang angkutan umum akan meningkat selama masa Nataru.

“Kemudian tentu terkait personel kami juga sudah menyiapkan kurang lebih 750 orang personel yang nantinya akan untuk perkuatan pengaturan lalu lintas dan terminal nantinya,” pungkasnya.





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x