Suara.com – Kecelakaan pesawat mesin tunggal yang terjadi di lepas pantai utara Heraklion, Crete, Yunani melibatkan satu orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Diketahui, WNI tersebut berprofesi sebagai pilot yang bertugas di luar negeri. Pesawat tersebut jatuh di lepas pantai dan tenggelam perlahan. Hal ini pun dikonfirmasi KBRI Yunani yang membenarkan ada WNI yang menjadi korban dalam kecelakaan tersebut.

Kronologi kecelakaan ini pun terungkap dari sebuah media Yunani, Cretapost yang mengugkap kecelakaan tersebut terjadi pada pesawat mesin tunggal yang ditumpangi dua orang, yang salah satunya adalah WNI.

Pesawat yang terbang dari Afrika Selatan dengan rute Podgorica, Montenegro menuju Hurghada, Mesir dan melewati langit di atas pantai utara Heraklion tersebut. Pesawat tersebut dikabarkan mulai berangkat pada Senin (12/12/2022).

Baca Juga:
34 WNI Jadi Korban Perdagangan Orang, Polisi: Diiming-Imingi atau Dijanjikan akan Dipekerjakan dengan Gaji Tinggi

Sebelum terbang melewati pantai di Crete, pesawat tersebut sempat singgah di Bandara Heraklio dekat lepas pantai untuk singgah sejenak sebelum melanjutkan perjalanan pada Kamis pagi, (15/12/2022).

Namun, perjalanan pesawat yang harusnya sampai di Hurghada tersebut harus mengalami kecelakaan di tengah laut. Pesawat yang membawa dua awak tersebut sempat memberikan sinyal SOS sebelum akhirnya jatuh.

Tim gabungan yang berasal dari berbagai elemen, seperti polisi, pemadam kebakaran, tim SAR, angkatan udara, hingga angkatan laut dan penjaga pantai pun turun langsung untuk mengevakuasi korban dari kecelakaan pesawat tersebut. Pesawat tersebut diketahui tenggelam perlahan dan baru dapat dievakuasi pada pukul 11.00 pagi waktu setempat.

Dari penemuan tim gabungan, WNI yang ditemukan sekitar berumur 60 tahunan tersebut masih tidak sadarkan diri, sedangkan rekannya yang merupakan WN Afrika Selatan masih hidup dan langsung dilarikan ke RS Heraklio.

Sekitar pukul 11.30 waktu setempat, tim gabungan masih berusaha melakukan CPR sebagai pertolongan pertama kepada WNI yang tenggelam dan tak sadarkan diri tersebut. Namun sayang, nyawa WNI tersebut tidak dapat diselamatkan.

Baca Juga:
Masih Diperiksa Polisi Setempat, 34 WNI Korban Penyekapan di Kamboja Belum Bisa Dipulangkan

KBRI Athena, Yunani yang mendapatkan informasi tersebut langsung mengonfirmasi dan mengungkap akan membantu pemulangan jenazah dari Yunani ke Indonesia. 

KBRI Athena telah menerima informasi dari Hellenic Coast Guard Yunani terkait kecelakaan pesawat bermesin tunggal di lepad pantai utara Heraklion, Crete” ungkap Jubir Kemlu, Teuku Faizansyah. 

Kontributor : Dea Nabila





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x