Suara.com – Memasuki tahun 2023, banyak umat muslim yang bertanya kapan tanggal 1 Ramadhan 1444 Hijriah? Agar tak penasaran, mari kita simak kalender 2023 dan mencaritahu jawabannya.

Merangkum berbagai sumber, penghitungan kalender Hijriah berbeda dengan kalender Masehi yang memiliki penanggalan baku.

Untuk menentukan hari yang jatuh di kalender Hijriah dibutuhkan perhitungan berdasarkan jumlah hari di setiap bulan. Itulah sebabnya, bulan Ramadhan selalu jatuh di hari yang berbeda setiap tahunnya. 

Lalu pertanyaannya, kapan tanggal 1 Ramadhan 1444 Hijriah?

Baca Juga:
Kenapa Malam Lailatul Qadar Lebih Baik dari Malam Seribu Bulan?

Jika diprediksi berdasarkan jatuhnya tanggal 1 Muharram 1444 Hijriyah pada 31 Juli 2022, maka Idul Fitri diperkirakan akan jatuh di tanggal 21 April 2023.

Berdasarkan hal ini, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1444 Hijriah akan jatuh pada 23 Maret 2023. Bagi yang memiliki utang puasa, harap dicatat ya agar kalian bisa menyelesaikan kewajiban tepat waktu.

Perlu diketahui, jatuhnya hari pertama puasa tahun 2023 ini baru berupa prediksi di mana penetapan resminya akan dilaksanakan melalui sidang isbat.

Sidang isbat sendiri adalah kegiatan melihat posisi anak bulan menggunakan alat khusus dan melakukan perhitungan khusus untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 bulan Hijriah.

Pada tahun lalu, sidang isbat sendiri sudah dilakukan pada tanggal 28 Juni dan sudah menentukan jatuhnya tanggal 1 Dzulhijjah yang berkaitan dengan hari raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Baca Juga:
Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Januari 2023, Lengkap dengan Niat dan Keutamaannya

Setelah keputusan sidang isbat keluar, maka pengumuman resminya akan dilakukan oleh Kementerian Agama yang umumnya jatuh pada akhir bulan Syaban.

Meski begitu, penetapan tanggal 1 Ramadhan 1444 Hijriah tak hanya berpatokan pada pemerintah. Dua lembaga Islam, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah juga mengumumkan hari pertama puasa.

Berbeda dengan Nahdlatul Ulama yang menggunakan metode rukyatul hilal, maka Muhammadiyah memakai teknik hisab hakiki wujudul hilal atau perhitungan hisab untuk menentukan bulan Ramadhan.

Sementara, di belahan benua lainnya yaitu Uni Emirat Arab (UEA) turut memprediksi hari pertama puasa Ramadan 2023. Otoritas itu menyebut tanggal 1 bulan Ramadhan 1444 Hijriah akan jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. 

Kesimpulan ini diambil berdasarkan perhitungan Arab Union for Astronomy and Space Sciences atau AUASS yang merupakan Persatuan Astronomi Internasional.

Demikian penjelasan tentang kapan tanggal 1 Ramadhan 1444 Hijriah. Apakah kalian sudah siap menyambut Bulan Ramadhan tahun 2023? Jangan lupa untuk melunasi semua utang puasa ya! Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor : Rima Suliastini





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x