Suara.com – Kabar gembira untuk masyarakat yang kerap menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan kereta api. Karena PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi mempercepat waktu tempuh 10 perjalanan kereta api (KA) jarak jauh. Untuk itu, ketahui daftar perjalanan kereta apai yang durasi pejalanannya dipercepat berikut. 

Adapun kereta apai yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan yaitu: 

• KA Argo Sindoro relasi Gambir-Semarang Tawang pp) 

• KA Argo Muria relasi Gambir-Semarang Tawang pp

Baca Juga:
Teteg Wetan Kulon Progo Siap Ditutup 20 September 2022, Dishub Beberkan Rekayasa Lalu Lintasnya

• KA Bima relasi Gambir-Surabaya Gubeng pp

• KA Sembrani relasi Gambir-Surabaya Pasarturi pp

• KA Turangga relasi Bandung-Surabaya Gubeng pp

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengungkapkan, terkait adanya percepatan waktu tempuh perjalanan kereta api ini dimaksudkan agar para penumpang dapat tiba lebih cepat sampai di lokasi tujuan. 

Selain itu, KAI juga ingin meningkatkan dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggan sesuai tema ulang tahun ke-77 KAI yakni “Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik”. 

Baca Juga:
Sudah Lama Direncanakan, Teteg Wetan Kulon Progo Segera Ditutup

Joni juga manambahkan, ada 10 Perjalanan dari total 5 Nama KA yang mengalami percepatan waktu hingga 31 menit. Dengan begitu, para penumpang akan dapat lebih efisien menggunakan waktunya untuk melakukan mobilitas ke luar kota.  

Daftar Perjalanan Kereta Api yang Durasi Perjalanannya Dipercepat 

Berikut daftar perjalanan yang mengalami percepatan waktu tempuh 5 KA Jarak Jauh: 

1. KA Argo Sindoro dengan Nomor KA 11, perjalanan Semarang Tawang – Gambir dari yang sebelumnya 5 jam 40 menit menjadi 5 jam 20 menit, mengalami selisih waktu lebih cepat 20 menit. 

2. KA Argo Sindoro dengan Nomor KA 12, perjalanan Gambir – Semarang Tawang dari yang sebelumnya 5 jam 37 menit menjadi 5 jam 17 menit, mengalami selisih waktu lebih cepat 20 menit. 

3. KA Argo Muria dengan Nomor KA 13, perjalanan Semarang Tawang – Gambir dari yang sebelumnya 5 jam 44 menit menjadi 5 jam 24 menit, mengalami selisih waktu lebih cepat 20 menit. 

4. KA Argo Muria dengan Nomor KA 14, perjalanan Gambir – Semarang Tawang dari yang sebelumnya 5 jam 41 menit menjadi 5 jam 21 menit, mengalami selisih waktu lebih cepat 20 menit. 

5. KA Bima dengan Nomor KA 75, perjalanan Surabaya Gubeng – Gambir dari yang sebelumnya 11 jam 35 menit menjadi 11 jam 10 menit, mengalami selisih waktu lebih cepat 25 menit. 

6. KA Bima dengan Nomor KA 76, perjalanan Gambir – Surabaya Gubeng dari yang sebelumnya 11 jam 31 menit menjadi 11 jam 1 menit, mengalami selisih waktu lebih cepat 30 menit. 

7. KA Sembrani dengan Nomor KA 77, perjalanan Surabaya Pasarturi – Gambir dari yang sebelumnya 9 jam 32 menit menjadi 9 jam 2 menit, mengalami selisih waktu lebih cepat 30 menit. 

8. KA Sembrani dengan Nomor KA 78, perjalanan Gambir – Surabaya Pasarturi dari yang sebelumnya 9 jam 30 menit menjadi 9 jam 0 menit, mengalami selisih waktu lebih cepat 30 menit. 

9. KA Turangga dengan Nomor KA 79, perjalanan Surabaya Gubeng – Bandung dari yang sebelumnya 10 jam 49 menit menjadi 10 jam 19 menit, mengalami selisih waktu lebih cepat 30 menit. 

10. KA Turangga dengan Nomor KA 80, perjalanan Bandung – Surabaya Gubeng dari yang sebelumnya 10 jam 49 menit menjadi 10 jam 18 menit, mengalami selisih waktu lebih cepat 31 menit. 

Lebih lanjut, Joni mengaku jika percepatan waktu tempuh perjalanan KA ini terwujud melalui program perbaikan prasarana oleh KAI dan juga Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kemampuan kecepatan prasarana.  

Sementara itu, perbaikan yang dilakukan antara lain, membangun jalur ganda kereta api, meng-upgrade layanan sistem persinyalan, meningkatkan kualitas dari material jalan rel, merekayasa geometri lengkung, dan memperbaiki kualitas perawatan jalan rel serta jembatan. 

Dengan dilakukannya sejumlah perbaikan-perbaikan tersebut, maka kecepatan maksimal dari perjalanan ke-10 KA ini akan semakin meningkat dari sebelumnya yakni 105 km per jam menjadi 120 km per jam.  

Kebijakan perjalanan 10 kereta apai yang durasi pejalanannya dipercepat berlaku mulai keberangkatan Rabu 28 September 2022. Artinya di akhir bulan mendatang para pelanggan dapat merasakan perjalanan yang lebih singkat. 

Nah itulah tadi daftar perjalanan kereta api yang durasi pejalanannya dipercepat. Dengan andanya kebijakan terbaru ini waktu yang dimiliki para pelanggan akan lebih efisien. Semoga bermanfaat! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x