Suara.com – Moda transportasi kereta api masih menjadi pilihan masyarakat yang hendak bepergian ke berbagai daerah di luar Jakarta. Menjelang masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, volume penumpang di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen mengalami lonjakan yang signifikan.

Salah satu alasan kereta api menjadi pilihan lantaran dinilai efektif. Bagi penumpang, kereta api selalu menyediakan layanan perjalanan yang tepat waktu.

Hal itu disampaikan oleh penumpang bernama Fajar saat dijumpai di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (23/12/2022). Dia mengaku hendak berangkat ke Madiun, Jawa Timur siang ini.

“Saya asal Lamongan tapi kerja di Jakarta. Hari ini saya mau ke Madiun. Saya lebih memilih melakukan perjalanan menggunakan kereta api karena lebih efisien,” kata Fajar kepada Suara.com.

Baca Juga:
H-2 Libur Natal: Hasil Pantauan Udara Arus Lalu Lintas Tol Cipali Ramai Lancar

Stasiun Tujuan Favorit

Yogyakarta, Solo, dan Semarang masih menjadi kota favorit yang dipilih penumpang dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen untuk layanan jarak jauh. Selain itu, kota Purwokerto, Tegal, Kutoarjo, hingga Surabaya juga menjadi destinasi tujuan para penumpang.

Kahumas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa menambahkan, ada kota- kota lain yang menjadi favorit penumpang, yakni Purwokerto, Tegal, Surabaya, Malang, hingga Madiun. Untuk layanan jarak dekat, Cirebon dan Bandung menjadi tujuan favorit penumpang.

“Adapun terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang seperti diantaranya Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Tegal, Kutoarjo, Surabaya, Malang dan Madiun. Sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung,” kata Eva.

Hingga hari ini, Jumat (23/12), total tiket yang telah terjual sebanyak 287 tiket. Total tiket yang telah terjual itu untuk keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

Baca Juga:
Yogyakarta Hingga Madiun Jadi Tujuan Favorit Penumpang Kereta Api Saat Musim Libur Nataru

“Sampai dengan Jumat hari ini, pemesanan tiket Nataru keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual sekitar 287 ribu untuk keberangkatan 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023,” kata Eva.

Eva menyampaikan, jumlah penjualan tiket tersebut masih akan terus bertambah. Pasalnya, penjualan masih berlangsung secara online.

Volume penumpang di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir mengalami lonjakan yang sangat signifikan menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Dari angka yang dicatat PT KAI Daop 1 Jakarta, ada 38 ribu penumpang yang berangkat dari dua stasiun tersebut pada hari ini.

Eva mengatakan, dari total 38 penumpang, 22 ribu penumpang berangkag dari Stasiun Pasar Senen. Sedangkan, 16 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Gambir.

“Secara total terdapat sekitar 38 ribu penumpang pada hari ini,” papar Eva.

Pantauan Suara.com di Stasiun Pasar Senen, volume penumpang sudah terlihat padat sejak pagi hari tadi. Rata-rata, banyak penumpang yang menunggu keberangkatan KA di lobi Stasiun Pasar Senen.

Sebelumnya, PT KAI Daop 1 Jakarta memberlakukan kebijakan baru di masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Salah satunya, ada tujuh KA yang berhenti di Stasiun Jatinegara dam Stasiun Karawang.

Kebijakan tersebut berlaku mulai tanggal 22 sampai 31 Desember 2022 mendatang. Total ada tiga KA berhenti melayani naik turun penumpang di Stasiun Jatinegara dan empat KA lainnya di Stasiun Karawang untuk melayani naik turun penumpang.

_________________

Rayfa Haydar Utomo – Mahasiswa Magang





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x