Suara.com – Pesawat Lion Air JT-330 mengalami kerusakan mesin ketika mengudara di ketinggian 3 ribu kaki. Meski berhasil dengan selamat, peristiwa ini tetap meninggalkan rasa takut di benak penumpang dan menambah panjang daftar kecelakaan pesawat Lion Air.

Sebelumnya, ramai diberitakan jika pesawat jurusan Jakarta-Palembang ini mengalami kebakaran di bagian sayap sebelah kiri. Video pesawat mendarat dengan kobaran api itu viral di media sosial.

Pilot sempat merasakan mesin pesawat tidak berjalan dengan semestinya dan memutuskan untuk mendarat kembali setelah mengudara di ketinggian 3 ribu kaki. Padahal, menurut pihak maskapai, pesawat itu sudah dinyatakan aman dan lolos pengecekan awal.

Kecelakaan pesawat terbang cukup sering terjadi Indonesia dan tak jarang menimbulkan banyak korban jiwa. Berikut kami rangkum daftar kecelakaan pesawat Lion Air terparah.

1. Lion Air JT 610 Jakarta – Pangkal Pinang

Pada tahun 2018, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta –  Pangkal Pinang jatuh di Laut Jawa, wilayah Perairan Utara Karawang, Jawa Barat. 

Pesawat itu sempat hilang kontak 13 menit setelah lepas landas. Mengetahui kecelakaan pesawat Lion Air, Basarnas langsung menuju lokasi kejadian untuk mencari korban.

Tragisnya, semua orang di dalam pesawat yang mengangkut 181 penumpang dan 8 awak itu dinyatakan meninggal dunia.  Sejumlah pihak sudah berusaha maksimal dengan melakukan pencarian, tapi pesawat tidak juga ditemukan.

2. Lion Air JT 538 Jakarta – Surabaya

Pada hari Selasa, 30 November 2004, pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT 538 tergelincir saat mendarat di Bandara Adisumarmo, Solo, Jawa Tengah. Pesawat yang mengangkut 156 penumpang itu sempat limbung karena cuaca buruk.

Kecelakaan pesawat itu menewaskan 26 orang dengan 55 orang dinyatakan luka berat dan 63 lainnya mengalami luka ringan. Lion Air 538 – PK-LMN, MD-82 jurusan Jakarta – Solo – Surabaya itu tergelincir sampai masuk ke sawah dekat lintasan bandara.

3. Lion Air JT 904 

Tahun 2013, penerbangan Lion Air Boeing 737-800 NG mengalami kecelakaan saat akan mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Pesawat Lion Air JT 904  itu jatuh di Selat Bali sebelum menyentuh landasan pacu dan membuat badan pesawat patah jadi dua. 

Pesawat itu sempat melayani dua rute penerbangan sebelum kecelakaan dengan bandara keberangkatan di Palu, Sulawesi Tengah dan berakhir di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Pesawat yang dikepalai oleh pilot Mahlup Ghazali dan kopilot India, Chirag Kalra itu membawa 101 penumpang dengan rincian 95 penumpang dewasa, lima penumpang anak-anak, satu penumpang bayi serta tujuh awak pesawat.

Semua penumpang dinyatakan selamat, walaupun 44 penumpang sempat dirawat di dua rumah sakit setempat, yaitu RS Kasih Ibu dan RS Sanglah.

4. Lion Air JT-330 Jakarta – Palembang

Terbaru, pesawat Lion Air jurusan Jakarta-Palembang mendarat kembali ke bandara asal, Soekarno-Hatta pada Rabu (26/10) pukul 17.13 WIB. Salah satu awak pesawat melaporkan gangguan berupa mesin terbakar.

Beruntung awak pesawat sigap dan berhasil mendarat sempurna sehingga semua penumpang selamat dan melanjutkan penerbangan menuju Palembang menggunakan pesawat lain.

Itulah daftar kecelakaan pesawat Lion Air terparah. Semoga tak ada lagi kecelakaan-kecelakaan seperti ini. Semoga tulisan ini bisa menjadi bahan untuk perbaikan ke depannya agar tehindar dari bencana.

Kontributor : Rima Suliastini





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x