Suara.com – Meski penyebaran virus COVID-19 sudah semakin terkendali, pemerintah tetap melanjutkan program vaksinasi booster kedua untuk masyarakat umum. Sebelum mendapatkan suntikan, anda perlu tahu cara cek tiket vaksin booster kedua.

Jika Anda ingin memastikan apakah Anda sudah terdaftar dalam antrian penerima vaksin booster dosis kedua, cobalah untuk cek tiketnya melalui aplikasi PeduliLindungi. Berikut cara cek tiket vaksin booster kedua.

Cara cek tiket vaksin booster kedua

Pada penyaluran pertama, vaksinasi mungkin akan diberikan pada kelompok prioritas seperti lansia.

Baca Juga:
Pemprov Jatim Mulai Sediakan Vaksin Booster Kedua Gratis, Bagaimana Cara Mendapatkannya : Cek di Sini

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk memastikan jadwal vaksin booster kedua melalui aplikasi Peduli Lindungi dengan cara berikut.

  1. Pastikan Anda sudah download dan login di aplikasi PeduliLindungi
  2. Masuk dengan akun yang sudah terdaftar.
  3. Pilih menu “Vaksin dan Imunisasi” lalu klik “Vaksin covid”.
  4. Selanjutnya, pilih menu “Tiket vaksin” di bagian paling atas.

Pada laman tersebut akan muncul riwayat dan tiket vaksin Anda. Jika Anda sudah terdaftar dalam penerima vaksin booster dosis kedua seharusnya ada empat tiket yang terlihat (vaksin pertama, vaksin kedua, vaksin booster ke-1, dan vaksin booster ke-2)

Selain melalui aplikasi, Anda juga bisa mengecek tiket vaksin booster dosis dua melalui laman pedulilindungi.id Setelah itu, masukkan nama lengkap dan NIK. Dari situ, Anda akan melihat ada tidaknya vaksin yang belum Anda lakukan.

Meski begitu, melalui Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/380/2023 mengenai Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi Kelompok Masyarakat Umum, pemerintah menyatakan bahwa Anda sebenarnya sudah bisa mulai vaksin booster ke-2 tanpa perlu menunggu tiket.

Penyelenggaraan vaksin tersebut akan mulai dilakukan pada 24 Januari 2023. Namun pastikan bahwa Anda sudah memenuhi jarak minimal dengan vaksin booster dosis ke-1 selama enam bulan.

Baca Juga:
PPKM Dicabut, Bandung Barat Genjot Capaian Vaksinasi Covid-19

Vaksinasi booster ini akan diprioritaskan pada kabupaten/kota yang capaian vaksinasi dosis pertamanya sudah mencapai 70% dan dosis dua 60%. Oleh karena itu, bagi Anda yang belum vaksin sama sekali, segeralah datang ke penyedia layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkannya.

Pemerintah menargetkan 21 juta penduduk akan tervaksinasi secara lengkap sampai booster dosis ke-2 di bulan Januari. Tentu saja harapan ini sudah disertai dengan upaya penyediaan vaksin booster oleh pemerintah.

Demikian informasi mengenai cara cek tiket vaksin booster kedua. Pastikan untuk melakukan pengecekan tiket secara berkala dan memastikannya ke penyedia layanan kesehatan terdekat. Bagi Anda yang memiliki orang tua, bantulah mereka untuk mengetahui perihal informasi vaksinasi ini.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x