Suara.com – Amerika Serikat menyetujui hibah sebesar 649 juta dolar yang akan dialokasikan untuk peningkatan infrastruktur transportasi dan logistik di Indonesia.

Dalam pernyataan Kedutaan Besar AS di Jakarta pada Jumat (9/12), lembaga Millennium Challenge Corporation (MCC) menyetujui usulan hibah Indonesia Compact senilai 698 juta dolar AS, yang mencakup 649 juta dolar dari AS serta dan kontribusi sebesar 49 juta dolar dari pemerintah Indonesia.

“Hibah ini akan memanfaatkan sumber daya milik Indonesia dan fokus pada keberlanjutan dan skalabilitas, meningkatkan ketahanan negara terhadap perubahan iklim dan guncangan eksternal lainnya sambil menciptakan lebih banyak peluang bagi bisnis untuk mengakses modal pasar,” ujar Chief Executive Officer MCC, Alice Albright.

Selain peningkatan infrastruktur transportasi dan logistik, hibah Indonesia Compact ini juga akan difokuskan untuk mengembangkan infrastruktur berkualitas tinggi dan sadar iklim di lima provinsi sekaligus membuka akses keuangan bagi para pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“[Hibah] ini akan sangat berdampak terutama bagi usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia yang menghasilkan sekitar 60 persen PDB negara dan mempekerjakan hampir semua tenaga kerja sektor swasta negara.”

Hibah ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat di berbagai provinsi prioritas dengan populasi gabungan mencapai lebih dari 23 juta orang Indonesia, termasuk lebih dari 48.000 UMKM.

MCC sendiri merupakan badan independen pemerintah AS yang bekerja untuk mengurangi kemiskinan global melalui pertumbuhan ekonomi. Sebelumnya, lembaga ini telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam program ambang batas senilai 55 juta dolar AS untuk memperkuat sejumlah lembaga antikorupsi penting dan menargetkan imunisasi anak.

Pada 2013, MCC juga menyalurkan investasi senilai 474 juta dolar AS dalam sebuah program hibah yang berfokus untuk memodernisasi prosedur pengadaan pemerintah, meningkatkan kesehatan dan gizi, memperluas energi berkelanjutan, dan memperkuat pengelolaan sumber daya alam.





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x