Suara.com – Pemprov DKI Jakarta bakal memberlakukan integrasi tarif transportasi mulai bulan Agustus ini. Regulasi ini baru hanya berlaku bagi moda bus Transjakarta, Mass Rapid Transit (MRT), dan Light Rapid Transit (LRT).

Namun, Pemprov DKI sampai saat ini belum pernah menyatakan akan melibatkan Ojek Online (Ojol) dalam kebijakan tersebut.

Saat ditanya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Syafrin Liputo mengatakan sampai saat ini pihaknya baru melibatkan tiga moda tersebut. Belum ada rencana lebih jauh mengenai akan melibatkan Ojol.

“Untuk tarif integrasi adalah tarif yang dikenakan bagi masyarakat yang biasanya menggunakan lebih dari satu moda,” ujar Syafrin saat dikonfirmasi, Senin (8/8/2022).

Baca Juga:
Anies Didesak Cabut Pergub Penggusuran Buatan Ahok, Pemprov DKI Belum Mau Turuti

Dengan adanya aturan ini, maka masyarakat hanya perlu membayar Rp10 ribu jika berpindah antar tiga moda itu. Tarif ini dinilainya lebih murah karena jika tak diintegrasikan bayarannya bisa lebih dari Rp10 ribu.

“Masyarakat yang biasanya menggunakan lebih dari satu moda, misalnya biasa menggunakan MRT Rp14ribu dan melanjutkan transjakarta Rp3500 maka saat tarif integrasi berlaku maka yang bersangkutan cukup membayar Rp10 ribu,” ucapnya.

Sementara jika hanya menggunakan satu moda, maka akan tetap dikenakan tarif normal seperti yang berlaku sekarang. Nantinya akan ada kartu khusus untuk integrasi tarif ini.

“Sedangkan untuk tarif pengguna masing-masing moda tetap, misalnya yang bersangkutan hanya naik Transjakarta maka tetap membayar Rp3500, naik LRT saja membayar sesuai tarif berlaku yaitu Rp5000,” ucapnya.

Kendati demikian, kebijakan ini belum dijalankan karena masih menunggu Keputusan Gubernur (Kepgub) Anies Baswedan. Jika tidak ada Kepgub itu, maka kebijakan integrasi tarif transportasi belum bisa dijalankan meski sudah ada persetujuan dari DPRD.

Baca Juga:
Soal Tuntutan Pencabutan Pergub Penggusuran, Pemprov DKI Jakarta: Tidak Bisa Tahun Ini

“Untuk implementasi tarif Integrasi Jaklingko saat ini masih menunggu Keputusan Gubernur, setelah Kepgub terbit diinplementasikan,” katanya.





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x