Suara.com – Setiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI. Perayaan tersebut diwarnai dengan banyak kegiatan seperti aneka lomba, dan tida ketinggalan upacara pengibaran bendera merah putih.

Upacara pengibaran bendera merah putih menjadi awal pelaksanan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang dilanjutkan dengan melaksakan upacara yang diperingati setiap tahunnya.

Namun setelah beberapa puluh tahun merayakan HUT Kemerdekaan, rakyat Indonesia yang tersebar di beberapa wilayah selalu memiliki hal unik untuk melakukan pengibaran bendera merah putih.

Seperti yang dilakukan oleh beberapa kalangan seperti aparat, sipil serta organsasi masyarakat yang melakukan ritual pengibaran bendera merah di tempat yang tak biasanya.

Baca Juga:
Sejarah Bendera Merah Putih: Sejak Kerajaan Majapahit hingga Kini

1. Pengibaran bendera merah putih di dasar laut di Manokwari

Pembentangan bendera merah putih sepanjang 77x4 meter di dasar laut pulau Raimuti Kabupaten Manokwari Papua Barat oleh 50 penyelam gabungan TNI, Polri, Basarnas dan komunitas selam Manokwari, Rabu (17/8/2022). HO/Penerangan Kodam Kasuari. (ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA)
Pembentangan bendera merah putih sepanjang 77×4 meter di dasar laut pulau Raimuti Kabupaten Manokwari Papua Barat oleh 50 penyelam gabungan TNI, Polri, Basarnas dan komunitas selam Manokwari, Rabu (17/8/2022). HO/Penerangan Kodam Kasuari. (ANTARA/HANS ARNOLD KAPISA)

Upacara bendera di bawah laut pada peringahan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dilakukan di Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Sebanyak 50 anggota penyelam gabungan dari TNI, Polri, Basarnas dan Komunitas Selam Manokwari membawa bendera merah putih sepanjan 77 meter ke dasar laut Pulau Raimuti, Arfai, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari.

Letkol Inf Gatot Teguh Waluyo selaku Wakil Asisten Staf Operasi (Waasops) Kasdam XVIII/Kasuari mengatakan jika kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pembentangan bendera merah putih sepanjang 77×4 meter di dasar laut Manokwari menunjukkan bahwa wilayah Papua Barat seutuhnya milik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sampai pada usia kemerdekaan ke 77 tahun 2022 ini,” kata Wakil Asisten Staf Operasi (Waasops) Kasdam XVIII/Kasuari, Letkol Inf Gatot Teguh Waluyo dalam keterangan pers di Manokwari.

2. Pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut Pahawang, Lampung

Baca Juga:
Daftar 8 Komandan Upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Era Presiden Jokowi

Marinir bersama klub selam kibarkan bendera merah putih di bawah laut Pahawang, Pesawaran, Rabu (17/8/2022). [Lampungpro.co/Dok TNI AL]
Marinir bersama klub selam kibarkan bendera merah putih di bawah laut Pahawang, Pesawaran, Rabu (17/8/2022). [Lampungpro.co/Dok TNI AL]

Dalam rangka menyambut Hari Ulang tahun ke-77 Kemerdekaan RI, personel Marinir TNI AL dari Brigade Infanteri 4 Marinir/BS bersama anggota klub selam mengibarkan bendera merah putih di bawah laut Pahangan, Pesawaran, Lampung pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Kolonel Marinir Hendro Indrato selaku Komandan Bigade Infanteri 4 mengatakan bahwa pengibaran bendera ini serentak dilakukan di beberapa daerah di Indonesia. Untuk wilayah Lampung dipusatkan di Pahawang, Pesawaran.

“Dalam pelaksanaannya, kami libatkan 50 personel gabungan, ada juga anggota klub selam Lampung. Masyarakat Pulau Pahawang, juga ikut upacara di atas permukaan laut, menggunakan kapal dan perahu karet,” kata Kolonel Marinir Harry Indarto dikutip dari Lampungpro.co–jaringan Suara.com.

3. Pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka

Ilustrasi profil pembawa baki Paskibra Nasional 2022 (Sekretariat Negara/Setneg)
Ilustrasi profil pembawa baki Paskibra Nasional 2022 (Sekretariat Negara/Setneg)

Tim Pancasila merupakan bagian dari Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra ) Nasonal 2022 yang dipilih oleh Presiden Jokowi untuk mengibarkan bendera merah putih di Istana Merdeka.

Hari ini, Tim Pancasila Tangguh berhasil mengibarkan bendera merah putih pada Upacara Pengacra Pengibaran Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu 17 Agustus 2022.

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMA Negeri 2 Kudus.

Sementara itu, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S. Sos, didapuk menjadi Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

4. Petani di Lereng Gunung Merbabu Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa

Petani lereng Gunung Merbabu hormat kepada Sang Merah Putih saat pembentangan kain Merah Putih di lahan pertanian lereng Gunung Merbabu, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (16/5/2022).  ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Petani lereng Gunung Merbabu hormat kepada Sang Merah Putih saat pembentangan kain Merah Putih di lahan pertanian lereng Gunung Merbabu, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (16/5/2022). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Puluhan warga di lereng Gunung Merbabu menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih ukuran raksasa di area pertanian Desa Selo, Selo, Kabupaten Boyolali, Selasa (16/8/2022).

Puluhan warga yang mayoritas petani sayuran dan tembakau di Desa Selo tersebut awalnya mengarak bendera Merah Putih ukuran 7 meter kali 30 meter keliling kampung dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Setelah itu, dibentangkan di area pertanian lereng Gunung Merbabu.

5. Bendera Merah Putih Dibentangkan di Gili Ketapang

Bendera raksasa di Pulau Gili Ketapang [Foto: ANTARA]
Bendera raksasa di Pulau Gili Ketapang [Foto: ANTARA]

Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Jawa Timur ( Jatim ) membentangkan bendera Merah Putih raksasa sepanjang 30 meter di Pulau Gili Ketapang menjelang peringatan HUT RI ke-77. Kegiatan itu masih merupakan rangkaian perayaan Agustusan tahun ini.

6. Pengibaran Bendera Merah Putih 100 Meter di Jembatan Mahakam

Bupati Kukar Edi Damansyah bersama jajaran Forkopimda melakukan pengibaran bendera merah putih. [ANTARA]
Bupati Kukar Edi Damansyah bersama jajaran Forkopimda melakukan pengibaran bendera merah putih. [ANTARA]

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melakukan pengibaran bendera merah putih sepanjang 100 meter. Pengibaran itu dilakukan di tempat yang tak biasa. Tepatnya, di tengah-tengah di Jembatan Mahakam Kukar.

Katanya, hal itu sebagai rangkaian Gerakan Nasional pembagian 10 juta bendera dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

7. Puluhan Penyelam di Kota Makassar Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

Seorang penyelam melakukan penghormatan pada upacara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut di Perairan Supermonde, Pulau Kodingareng Keke, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (16/8/2022) [SuaraSulsel.id/ANTARA]
Seorang penyelam melakukan penghormatan pada upacara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut di Perairan Supermonde, Pulau Kodingareng Keke, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (16/8/2022) [SuaraSulsel.id/ANTARA]

Puluhan penyelam dari sejumlah organisasi di Kota Makassar mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut di wilayah Perairan Supermonde, Pulau Kodingareng, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kota Makassar. Untuk menyambut Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Selain melakukan pengibaran Bendera Merah Putih, para penyelam juga melaksanakan transplantasi terumbu karang di lima lokasi pulau berbeda,” kata Kepala Cabang Dinas Kelautan Mamminasata Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, Sayyid Zainal Abidin, Selasa 16 Agustus 2022.

Kontributor : Damayanti Kahyangan





Source link

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x